Cari

Begini Caranya Installasi Windows 7

Mungkin dari sekian pembaca artikel ini masih ada yang belum bisa melakukan install Windows 7 kan? Entah takut salah, gak tahu caranya atau takut error, makanya mau install gak jadi jadi. Tapi bila ada pembaca sekalian yang sudah tahu cara install windows 7 dan sudah berhasil melakukan install, baca artikel ini tidak apa-apa kok. Mungkin kalau dalam langkah-langkah dibawah ini ada yang kurang atau salah, Anda bisa memberikan tambahannya dan koreksinya.



Masuk ke pokok bahasan, proses installasi Windows 7 hampir sama dengan installasi windows Vista. Tentunya berbeda dan lebih mudah daripada proses installasi Windows XP. Baik langsung saja, berikut langkah-langkah cara install windows 7 yang harus kita jalankan:

1. Siapkan DVD instalasi Windows Seven (7) dan catat serial numbernya

2. Kemudain atur agar computer booting dari dvd. Pengaturannya dilakukan lewat bios, biasanya tekan delete atau F2 saat computer baru dinyalakan dan kemudian pilih setingan Booting. Selanjutnya pilih dvd rom menjadi urutan pertama, lalu simpan konfigurasi bios dengan cara tekan F10.

3. Masukkan DVD Instalasi

4. Tekan sembarang tombol jika muncul tulisan boot from cd or dvd

5. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah



6. Selanjutnya muncul tampilan seperti di bawah, klik next



7. klik Install Now



8. Beri tanda cek dan klik next



9. Berhubung kita sedang melakukan clean install maka pilih yang Custom (advanced)



10. Pilih partisi yang akan dipakai untuk menginstal windows seven (7), contoh di bawah hardisk belum di bagi-bagi kedalam beberapa partisi, jika ingin membagi kedalam beberapa partisi sebelum proses instalasi pilih Drive options (advanced), disitu kita bisa membuat, menghapus dan meresize partisi. Tapi dari pada bingung untuk yang pertama kali instalasi windows mending langsung pilih next saja, karena pembagian partisi bisa dilakukan setelah proses instalasi selesai.



11. Proses instalasi dimulai, tapi ingat bahwa proses instalasi ini memakan waktu yang cukup lama.



12. Setelah proses install selesai komputer akan otomatis restart sendiri. kemudian muncul seperti dibawah ini



13. Ketikkan nama user dan nama computer anda



14. Selanjutnya isikan password untuk keamanan komputer anda, ketik dua kali dan harus sama tentunya. Kemudian password hint diisi dengan clue kalau misalnya Anda lupa passwordnya. Tidak diisi juga tidakapa-apa.



15. Masukkan Windows Product key yang sudah dicatat di awal tadi, jika tidak ada product key nya, anda mendapat masa trial windows 7 selama 30 hari



16. Selanjutnya pilih setingan, apakah apakah windows akan otomatis meng update atau tidak



17. Kemudian setingan time zone



18. Dan akhirnya selesai juga. Selamat mencoba


Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top