Cari

Cara Memilih Hard Disk Drive Baru



Perangkat ini merupakan media penyimpanan data yang biasanya ada pada notebook atau desktop PC. Biasanya, Anda dapat menyimpan file musik, video, foto, dokumen penting dan data yang lain pada desktop PC atau notebook. Tapi bagaimana kalau hard disk pada dektop PC atau Notebook sudah penuh?



Hal yang paling mudah untuk menambah ruang kosong adalah dengan menghapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Namun jika tidak memungkinkan untuk meghapusnya, Anda bisa melakukan compress data ke dalam bentuk ZIP, sehingga kapasitas file menjadi lebih kecil. Tetapi, cara ini kurang efektif, karena Anda mesti bolak-balik mengekstrak file ZIP, jika ingin melihat data yang ada di dalamnya.

Nah, cara yang paling efektif adalah membeli hardisk baru sebagai tambahan hardisk utama. Tetapi mungkin Anda bingung, hardisk seperti apa yang harus Anda beli, dan jenisnya yang bagaimana?

Hal pertama yang harus Anda putuskan adalah, Anda ingin membeli hardisk internal atau eksternal. Perbedaan kedua tipe ini adalah, internal hard disk drive terhubung dengan kabel SATA atau IDE, sedang hardisk eksternal terhubung lewat USB, eSATA atau port fire wire. Cara peletakkannya pun berbeda, hardisk internal diletakkan di dalam komputer, sedang hard disk ekternal bisa di bawa ke mana saja (portable hard disk).Secara fisik, biasanya hard disk internal memiliki bentuk fisik yang lebih besar jika dibandingkan dengan hardsik eksternal.

Eksternal Hard Disk Drive

Perlu Anda ketahui bahwa kecepatan transfer data hardisk eksternal tidak bisa secepat hardisk internal. Selain itu, pada beberapa tipe hardisk eksternal membutuhkan power supply untuk menghubungkan ke tegangan listrk.

Hal yang perlu Anda perhatikan juga, pastikan computer atau notebook Anda support dengan koneksi hardisk. Sebagai contoh, jangan membeli hard disk dengan media koneksi eSATA sedang pada komputer atau notebook hanya tersedia port USB 2.0 sebagai media penghubung hard disk.

Internal Hard Disk Drive

Kelebihan dari hardisk internal adalh harganya lebih murah dan rata-rata kecepatan transfer data lebih cepat dibanading dengan eksternal hardisk drive.

Sedangkan kelemahannya, bentuknya besar dan Anda tidak bisa membawa hardisk ini kemana-mana karena tidak bersifat portable. Selain itu, meskipun bisa digunakan sebagai eksternal hardisk, yaitu dengan membelikan kabel power tambahan, Anda akan kesulitan karena harus menambahkan lagi sebuah converter dari USB ke SATA jika menginginkan kompatibel dengan semua perangkat komputer.

Merek dan Kualitas Hard Disk

Memilih hardisk merek terkenal mungkin juga menjadi pilihan yang bijak, meskippun tidak mutlak, namun biasanya mereka telah berpengalaman dalam memproduksi hardisk yang berkualitas. Tetapi, seperti produk yang lain, merek dan kualitas selalu berbanding lurus dengan harga, semakin terkenal merek dan kualitas produk, harga yang dipatok juga semakin mahal.

Jika Anda ingin tahu merek-merek, review dan harga dari hardisk eksternal dan internal, yang mungkin akan membantu Anda menentukan pilihan silahkan kunjungi di http://www.pcworld.com

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top