Cara mengatasi Desktop Blank



Anda pernah mengalami desktop blank pada komputer Anda, yang ada hanya tampilan gambar Wallpaper? Bahkan taskbar tidak ada atau tidak muncul, icon-icon di desktop juga tidak ada, bahkan tombol windows yang di keyboard-pun tidak berfungsi ketika ditekan. Itu berarti mesin explorer.exe Anda tidak berfungsi . Hal seperti itu tentu saja akan membuat kita kesulitan untuk membuka file dan mengakses program.

Explorer.exe berada di C: \WINDOWS/explorer.exe. Tidak berfungsinya explorer.exe, sebagian besar disebabkan oleh virus. Explorer.exe ini hilang ketika komputer kita discan dengan antivirus, yang tujuan utama sebenarnya meghilangkan virus yang menginveksi komputer kita, tetapi antivirus tersebut ternyata juga mengangkat explorer.exe atau bisa saja membuat explorer.exe rusak.



Jika explorer.exe rusak itu masih bisa dijalankan, tetapi bila komputer direstart, biasanya desktop akan menjadi blank, tidak ada taskbar, icon program di desktop dan tombol windows pada keyboard juga tidak bisa berfungsi.

Terus bagaimana jika hal ini terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Kunci utama untuk membuka dan menjalankan program dan file-file yang berada dalam computer adalah dengan menggunakan fasilitas [task manager]. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah ini :

Buka jendela Task Manager, caranya tekan tombol Ctrl + Alt + delete pada keyboard secara bersamaan.

1.Pertama coba untuk explorer.exe.

Buka task manager > file > [new task] > ketikkan “explorer.exe” klik [OK]

2.Kedua, jalankan system restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya.

Buka task manager > file > [new task] > [browse] > [C:\Windows/system32/restore/rstrui.exe] > klik [OK].

3.Ketiga, Buka program atau file.

Buka task manager > file > [new task] > [browse] > [cari program di C:\program files, atau dimana file tersimpan] > klik [OK].

4.Keempat Scan computer menggunakan antivirus yang update.


Untuk scan dengan antivirus, disarankan dijalankan pada “SAFE MODE”.
Setelah pada kondisi safe mode > buka task manager > file > [new task] > [browse] > [C:\program files/”antivirus yang terinstall”] > klik [OK].

5.Kelima, Ganti nama file explore.exe.


Copy file explorer.exe dari computer lain, kemudian rename dengan nama sesuka anda, missal Namamu.exe, kemudian paste di C:\Windows dikomputer yang bermasalah.

Cara paste file explorer.exe yang telah Anda kopi dan rename tadi, tetap menggunakan task Manager.

Buka windows task Manager seperti langkah diatas, klik [new task] kemudian ketik “regedit”. Akan muncul jendela registry Editor.

Masuk pada HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\Current Version\Winlogon. Pada jendela sebelah kanan, klik ganda “shell” kemudian ganti value datanya dari explorer.exe menjadi namamu.exe (sesuai dengan nama yang telah Anda buat tadi) > klik [OK] tutuplah registry editor, dan kemudian restart computer.

6.Keenam, Repair dengan menggunakan CD windows anda.


Jika setelah direstart masih terjadi trouble, lakukan repair dengan menggunakan CD windows Anda.

7.Ketujuh, jika dengan cara-cara diatas masih juga terjadi trouble, lakukanlah install ulang windows Anda.

Semoga bermanfaat dan komputer Anda tidak ada masalah lagi dengan yang namanya desktop blank atau explorer.exe tidak berfungsi karena kalau hal itu sering terjadi bisa repot bukan?

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top