Cara update Antivirus Avira



Berdasarkan beberapa tes terakhir terhadap berbagi jenis antivirus, Avira Antivir merupakan salah satu antivir terbaik saat ini, bahkan masuk jajaran Top Ten Anti virus terbaik. Tetapi, untuk mengupdate antivirus ini sebagian besar mengalami kesulitan. Meskipun sudah bisa download updatenya seringkali gagal.

Coba simak cara update manual Avira Antivir

berikut ini. Disertakan juga penjelasan mengenai apa itu incremental VDF update (IVDF) dan beberapa penjelasan mengenai file IVDF ini.

Cara update Avira Antivir ini ada dua yaitu secara otomatis dan manual.
Automatic Update


Jika update otomatis melalui internet,seharusnya tidak ada masalah.
Kita tinggal klik kanan icon tray dan pilih menu Start Update maka Avira akan otomatis update. Atau bisa juga melalui tampilan di halaman utama, tetapi memang agak lama untuk proses ini. Kalau tidak berjalan, coba langsung menjalankan file preupd.exe di folder instalasi Avira.

Manual Update
Update manual Avira Antivir, baik Antivir Windows Professional, Avira AntiVir Premium, Avira Premium Security Suite dan Avira AntiVir Personal – Free Antivirus, versi 7 ,8 atau Avira 9 dapat di download dari link yang sama.
Dimana downloadnya ?

Download di: http://www.avira.de/en/support/vdf_update.html kemudian pilih Download IVDF (Unicode) atau langsung download dari (Untuk Windows XP, 2000 dan Windows Vista) :
http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip
http://dl1.avgate.net/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip
http://dl2.avgate.net/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip

Mengecek apakah file IVDF Rusak atau tidak

File update bertipe ZIP, maka kita bisa mengecek apakah file yang kita download tersebut rusak atau tidak. Gunakan saja program seperti Winzip, Winrar, 7zip, IZArc dan sejenisnya, dan buka file tersebut. Jika tidak bisa dibuka, kemungkinan file tersebut rusak (Corrupt). Jika bisa dibuka maka selanjutnya gunakan saja menu “Test” untuk mengecek file tersebut, jika tidak ada error maka file tersebut harusnya bisa digunakan untuk mengupdate.

Jika sudah download berkali-kali masih saja tidak bisa dibuka, maka pastikan download dengan program “Download Manager” seperti FlashGet, DAP, GetRight, Internet Download Manager, Free Download Manager dan sejenisnya

Mengenal incremental VDF update (IVDF)
File update Avira berukuran sekitar 22 MB, berisi update program dan database Virus. Update program merupakan file-file dengan tipe *.dll, sedangkan update database virus file dengan tipe *.vdf. File update virus ini ada 4, yaitu antivir0.vdf, antivir1.vdf, antivir2.vdf dan antivir3.vdf.

Berikut penjelasan masing-masing file tersebut:
• antivir0.vdf, merupakan database virus utama (basic-vdf) yang di sertakan ketika menginstall Avira
• antivir1.vdf, merupakan database virus bulanan, diupdate setiap bulan
• antivir2.vdf, merupakan database virus mingguan, diupdate setiap minggu
• antivir3.vdf, merupakan database virus harian, diupdate harian

Avira sendiri biasanya melakukan update antara 3 sampai 7 kali dalam sehari, kadang bisa lebih.

Cara Mengupdate Manual

Setelah file tersebut di download dan tidak ada yang error/rusak, maka update bisa dilakukan dengan membuka Avira ( Double klik icon di system tray, gambar payung atau klik kanan dan pilih menu “Start Antivir”). Setelah terbuka, pilih menu Update > Manual Update…

Kemudian dicari file ivdf_fusebundle_nt_en.zip. Setelah itu pilih Open, maka proses update akan berlangsung. Jika proses gagal maka coba restart komputer terlebih dahulu dan ulangi proses Update. Jika sudah di restart masih juga gagal, maka coba antivir di install ulang, mungkin ada file yang rusak.

Jika Masih Juga Gagal ?


Jika update dengan cara-cara diatas masih saja gagal, maka coba alternatif berikut.
• Extract file update diatas (ivdf_fusebundle_nt_en.zip) di folder baru
• Buka Run (Start Menu > Run ), tulis services.msc dan tekan enter atau klik OK
• Akan ditampilkan window “Services”. Dari panel disebelah kanan klik judul kolom “Name” sampai kolom itu urut berdasarkan nama dari A – Z.
• Disana ada 2 Services Antivir yang ada, yaitu : AntiVir PersonalEdition Classic Guard dan AntiVir PersonalEdition Classic Scheduler
• Klik kanan dan pilih Stop. Jika menunya tidak aktif, maka Klik kanan dan pilih Properties kemudian bagian Startup type pilih Disabled. Dua-duanya lakukan hal yang sama.
• Restart Komputer
• Setelah itu, copy semua file hasil extract file update di folder instalasi Avira, tumpuk saja file yang lama. Biasanya berlokasi di C:\Program Files\Avira\AntiVir PersonalEdition Classic
• Jika sudah selesai, Kembali jalankan (start) 2 services Antivir diatas (pilih Startup type Automatic kemudian restart komputer.

Dengan cara ini, maka Antivir bisa diupdate, tetapi keterangan di Last Update masih tidak berubah, meskipun sudah diupdate. Nanti akan berubah ketika update dilakukan secara normal. Jika cara-cara update diatas masih juga gagal, kemungkinan ada konflik dengan aplikasi lain atau bisa juga komputer tersebut terinfeksi virus.

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top