Cari

Blackberry Tidak Bisa Mengirim Dan Menerima Email


Blackberry Anda tidak bisa mengirim dan menerima pesan Email? Mungkin ini menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi sebagian orang yang baru memiliki smartphone Blackberry. Bagi Anda yang masih baru memiliki Blackberry mungkin bingung dan tidak tahu penyebabnya kenapa Anda tidak bisa mengirim dan menerima email di BB baru Anda tersebut. Dan hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mencari tahu penyebabnya dan selanjutnya mencari solusinya. Dan kebetulan, disini saya akan memberikan jawaban dari pertanyaan Anda tersebut.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan Blackberry tidak bisa mengirim dan menerima pesan email. Dan dari masing-masing penyebabnya juga memiliki solusi pemecahan yang berbeda pula. Daripada saya terlalu lama basa-basinya mending kita langsung ke pokok bahasan dan itu mungkin akan membuat Anda lebih senanga bukan? Baik, berikut ini adalah penyebab Blackberry tidak bisa mengirim dan menerima email, dilengkapi dengan cara mengatasinya.



Penyebab 1

Jaringan penyedia layanan nirkabel tidak berfungsi dengan benar, atau transceiver nirkabel pada ponsel cerdas BlackBerry dimatikan.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan langkah-langkah berikut:
1.Pastikan bahwa transceiver nirkabel telah dihidupkan. Dari layar Awal ponsel BlackBerry, klik Turn Wireless /Hidupkan Nirkabel.

2.Pastikan BlackBerry memiliki koneksi data aktif.
Untuk menentukan apakah BlackBerry memiliki koneksi data aktif, lihat artikel KB berikut yang menerangkan indikator status jaringan pada ponsel cerdas BlackBerry smartphone:

oUntuk jaringan GSM® (Global System for Mobile Communications®/Sistem Global untuk Komunikasi Seluler), GPRS (General Packet Radio Service/Layanan Radio Paket Umum), dan EDGE (Enhanced Data Rates for Global Evolution/Laju Data yang Disempurnakan untuk Evolusi Global), lihat KB02334.
oUntuk jaringan CDMA (Code Division Multiple Access/Akses Multi Divisi Kode), lihat KB02335.

3.Pastikan jaringan penyedia layanan nirkabel berfungsi dengan benar. Hubungi penyedia layanan nirkabel untuk informasi lainnya.

Penyebab 2
Akun BlackBerry Internet Service belum dibuat untuk BlackBerry.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan salah satu dari yang berikut:
•Hubungi penyedia layanan nirkabel untuk menentukan apakah akun BlackBerry Internet Service sudah ada dan untuk menetapkannya ke ponsel cerdas BlackBerry.
•Buat akun BlackBerry Internet Service yang baru. Untuk instruksi, lihat KB03087.

Penyebab 3
Akun email terpadu sekarang tidak divalidasi.

Validasi ulang akun email terpadu. Untuk memvalidasi ulang akun email terpadu, lakukan langkah-langkah berikut:

1.Login ke akun BlackBerry Internet Service. Untuk instruksi, lihat KB03087.
2.Klik ikon amplop yang bergaris merah.

Catatan: Untuk informasi lainnya tentang akun email terpadu yang tidak divalidasi, lihat KB05255.

Penyebab 4

Terdapat terlalu banyak pesan email atau pesan email yang lebih besar dari 8 MB dalam folder kotak masuk server pengiriman pesan.

Catatan:
Untuk menentukan apakah ini adalah penyebab masalahnya, cobalah mengurangi jumlah pesan email dalam kotak surat hingga kurang dari 900 atau 1000. Sebaiknya, mulailah dengan memindah pesan email terbesar ke sub folder atau menghapusnya. Tidak ada batasan pesan untuk BlackBerry Internet Service, namun beberapa server pengiriman pesan mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons perintah yang diberikan. BlackBerry Internet Service menunggu kurang-lebih 2 menit sebelum waktunya habis. Setelah batas waktu tercapai, koneksi ke server diputuskan dan pesan email tidak diunduh.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan langkah-langkah berikut:

1.Konfigurasi akun email pihak ketiga untuk menghapus pesan email dari server pengiriman pesan setelah beberapa hari (misalnya, 30 hari).

2.Pindahkan semua pesan email yang lebih besar dari 8 MB, termasuk lampiran, dari folder kotak masuk ke subfolder akun email pihak ketiga. Untuk informasi lainnya, lihat KB03592.

Catatan:
Untuk akun IMAP yang telah dikaitkan dengan BlackBerry Internet Service, pastikan bahwa folder Item Terkirim tidak berisi pesan email yang lebih besar dari 8 MB, termasuk lampiran.

Sumber : http://id.blackberry.com

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top