Cari

Cara Membuat Group Di Facebook


Facebookan ria dengan sahabat-sahabat atau teman-teman terdekat memang sangat mengasyikan. Apalagi jika kita memiliki hoby, profesi, aktivitas atau dulu pernah satu sekolah atau satu kampus, tentu saja akan lebih seru dan lebih nyambung obrolannya daripada kita facebookan dengan orang yang tidak memiliki hubungan seperti yang saya sebutkan di atas. Nah untuk bisa memenuhi kebutuhan para facebooker, facebook menyediakan aplikasi yaitu group, ternyata facebook pengertian juga ya? Dengan aplikasi ini kita bisa membuat group di facebook dan mengundang teman-teman kita untuk bergabung.

Dengan membuat group di facebook, kita dapat membuat suatu komunitas, sehingga kita dapat berbagi informasi dan apa saja dengan anggota group yang lain. Tetapi sayangnya, terkadang ada beberapa pihak yang menyalahgunakan fungsi dari group, misalnya menggunakan group sebagai tempat iklan/promosi kepada para anggotanya, dan lebih parahnya lagi iklannya tidak ada kaitannya dengan group.

Sudah cukup itu saja basa-basinya, Anda sebenarnya juga mencari caranya membuat group di facebook daripada membaca basa-basi saya kan? Ok, langsung ke pokok bahasan kali ini, yaitu cara membuat group di Facebook.



Berikut langkah-langkah membuat group di Facebook :


1.Masuk/login ke akun facebook Anda, Anda pastinya sudah tahu caranya. Jika Anda tidak ingin membuka tab baru silahkan klik disini saja.

2.Setelah Anda sudah masuk ke halaman facebook Anda, pilih menu home, tetapi biasanya, begitu login akan langsung berada di menu home.

3.Kemudian klik Create a New Group di sebelah kanan, kalau tidak ada tulisan Create a New Group, Silahkan klik menu Group di kotak Applications, setelah terbuka lalu klik Create a New Group.





4.Setelah itu akan muncul form yang harus Anda isi, tampilannya seperti di bawah ini.

Yang harus Anda isi hanya empat poin saja yaitu Group Name, network, Description dan Group Type. Selebihnya Anda boleh kosongkan, tetapi bila Anda ingin mengisi lengkap semuanya itu juga malah lebih bagus. Setelah selesai mengisi formnya, klik Create Group.



5.Sebenarnya cara membuat group di Facebook sudah selesai, tetapi alangkah baiknya jika Anda juga langsung melakukan kostumisasi group Anda. Anda dapat meng-upload gambar, URL website jika Anda memiliki website, option dan akses group.



a.Upload Picture : Pilih gambar atau logo group yang akan anda masukan ke dalam group anda

b.Website : Apabila anda punya website anda bisa masukan URL

c.Option :
Show related groups : Apabila pilihan ini anda centang, otomatis setelah group facebook anda selesai dibuat maka akan ada link group facebook lain yang sesuai dengan group anda
Show related events : Pilihan ini akan menampilkan event-event yang ada di group facebook yang lain
Enable discussion board : Apabila anggota group facebook anda dapat berdiskusi centang pilihan ini
Enable the Wall : Apabila anggota group facebook anda diperbolehkan menggunakan wall centang pilihan ini
Enable photos : Pilih Allow all members to upload photos apabila anda mengijinkan anggota group mengirim photo
Enable videos : Pilih Allow all members to upload videos apabila anda mengijinkan anggota group mengirim video
Enable links : Pilih Allow all members to post links apabila anda mengijinkan anggota group mengirim URL link suatu website



Untuk hak akses group anda diberikan 3 pilihan :

a.This group is open : memberikan kesempatan bagi siapa saja dapat secara langsung join di group
b.This group is closed : setiap anggota yang ingin bergabung harus melalui persetujuan administrator (pembuat group)
c.This group is secret : Group Anda tidak akan terlihat di menu pencarian group, dan hanya anggota yang di invite yang bisa masuk ke group ini.

6.Setelah anda selesai klik menu Save, atau klik Skip jika Anda tidak ingin melakukan kostumisasi Group Anda.

7.Setelah itu akan keluar pilihan apakah group anda ingin di publikasikan di facebook jika iya maka klik Publish



8.Kemudian Anda diperbolehkan untuk mengundang teman anda untuk gabung di group yang baru saja Anda buat, centang nama teman anda yang akan anda undang untuk bergabung di group.



9.Setelah anda centang, akan keluar formulir undangan berisi teman-teman yang anda undang, kemudian anda bisa isi dengan kata-kata undangan anda di Personal Message atau kosongkan saja, lalu klik Send Invitation



10.Selesai, Anda kini sudah memiliki group di Facebook dan selamat berbagi informasi dan apapun dengan anggota group Anda.

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top