Cari

LG Optimus Pad-V900



LG baru saja merilis Tablet Android pertamanya yang diberi nama LG V900 atau Optimus Pad. Dengan menggunakan Android OS Honeycomb dan layar LCD WXGA berukuran 8.9 inchi, tablet ini siap bersaing di pasar tablet di Indonesia yang semakin hari semakin disesaki oleh banyak vendor. LG Optimus Pad ini dibanderol dengan harga 6 juta rupiah dengan paket penjualan yang cukup lengkap dan menarik.


Paket Penjualan LG Optimus Pad
• LG Optimus Pad
• Case kulit (bonus)
• Charger Baterai
• Kabel Data Micro USB
• Kabel HDMI
• Buku panduan
• Kartu Garansi

Spesifikasi Utama LG V900
• Prosesor Nvidia Tegra 1Ghz Dual-Core
• LCD WXGA 8.9 inchi, 768 x 1280 pixel
• Android OS Honeycomb
• Memori Internal 32GB
• Kamera utama Dual 5MP dengan Led Flash
• Kamera depan 2MP
• Video Recording 1080p 2D
• Video Recording 720p 3D
• Baterai Li-Ion 6400mAh
2.Desain dan Bodi
Desain tablet ini sangat khas LG. Bentuknya seperti LG Optimus 3D yang pernah review sebelumnya. Bagian layar hitam glossy, sementara itu casing belakang berbahan doff dengan warna kecoklatan yang tampak elegan. Ada list tipis yang mengelilingi tablet ini. Casing belakang terlihat elegan dengan bahan doff dan sentuhan silver khas LG dengan logo with Google. Dua kamera yang ada di tablet ini mengapit bagian silver tersebut seakan-akan seperti sepasang mata. Dengan berat 621 gram dan ketebalan 12.7mm, tablet ini lebih berat daripada tablet sejenis. Di bagian atas ada jack audio 3.5mm dan tombol power/lock. Sementara itu di sebelah kiri ada port HDMI dan micro USB. Di bagian kanan ada tombol volume. Stereo loudspeaker ada di sisi kiri dan kanan tablet ketika tablet dalam posisi landscape sehingga efek stereo saat mendengarkan lagu atau menonton film akan terasa jelas. Jika posisi portrait pun suara yang dihasilkan stereo sebab di sisi kanan tablet ini ada dua stereo speaker. Jadi total speaker yang ada di tablet ini adalah 3 buah, aktif dua buah bergantung pada posisi tablet (landscape ataupun portrait).
Layar LG Optimus Pad yang beresolusi 768x1280 pixel, membuat tampilan antar muka tablet ini cukup halus dan tajam. Dari sudut penglihatan berbagai sisi cukup bagus dan mudah dilihat. Dengan kedalaman warna 16M gambar yang ditampilkan oleh layar Optimus Pad cukup cerah. Sayangnya saat berada di luar ruangan terutama saat siang layar jadi lebih sulit dilihat meskipun kadar cahaya layar sudah kami maksimalkan.


Antar muka tablet ini masih memakai antar muka standar OS Honeycomb yang serupa dengan Acer Iconia dan Motorola Xoom. Pada halaman muka atau homescreen terdiri dari 5 halaman utama yang dapat anda tambahkan widget, shortcut dan ikon aplikasi. Pada bagian atas terdapat beberapa jalan pintas yaitu bar Google Search (dengan voice search) shortcut ke Apps (menu utama) di bagian atas. Di bagian bawah layar ada semacam baris navigasi dengan tombol Back, Home dan Recent Apps. Sementara pada pojok kanan bawah terdapat baris notifikasi (email, SMS, notif Facebook dan notifikasi-notifikasi lainnya), jam dan indikator sinyal serta baterai. Tampilan standar OS Honeycomb sudah cukup bagus dan memang sangat optimal digunakan pada tablet.Sedikit kekurangannya adalah baris notifikasi kurang informatif karena tergolong kecil dan warnanya tidak terlalu mencolok, sehingga terkadang kita akan melewatkan beberapa notifikasi.


Menu utama atau drawer apps terdiri dari All Application dan My Apps (aplikasi yang anda download). Di Menu Utama ini baris notifiaksi dan navigasi utama tetap ada di bawah. Karena tablet ini di bagian depannya tidak punya tombol fisik sehingga taskbar diperlukan untuk kembali ke homescreen dan menu sebelumnya.
4.Input Teks
Untuk menginput teks tablet ini dilengkapi dengan virtual keyboard full QWERTY yang dapat anda gunakan. Tampilan tombol-tombol virtualnya pun besar-besar sehingga memudahkan dalam mengetik, tapi bagi pengguna yang bertangan kecil akan sedikit kesulitan saat mengetik berbarengan dengan mengangkat tablet ini karena tablet ini tergolong cukup berat. Untuk melakukan copy paste anda cukup menahan jari anda pada kata yang anda ingin copy.


Selain menggunakan keyboard QWERTY terdapat juga metode input dengan hand writing. Anda dapat menggambar atau menulis pada layar dan tablet akan menyesuaikan dengan huruf atau angka yang anda maksud.
5.Contacts
Pada menu contacts anda dapat menambahkan kontak baru atau anda bisa juga mensinkronisasikan kontak dengan akun Gmail anda. Pada halaman pembuatan kontak baru anda dapat menambahkan informasi tambahan seperti Email, Alamat, Notes, dan Website. Melihat kontak pun menjadi lebih mudah karena layarnya yang besar sehingga lebih jelas dan detail.
6.Messaging
Tablet ini memiliki jaringan GSM, sehingga tersedia fitus Messaging (SMS) dan juga Gmail atau Email lainnya. Untuk SMS tampilannya standar saja, terdapat bar untuk nomor atau kontak tujuan dan terdapat bar untuk input pesan.


Fitur Gmail pada LG Optimus Pad juga standar seperti Gmail pada tablet Honeycomb lainnya, menu-menu tersusun di sisi kiri dan isi pesan ada di sisi kanan layar. Secara fungsi tidak ada perbedaan berarti dengan fitur Gmail pada perangkat Android lainnya. Fitur multi akun dan push notifikasi juga masih tertanam dan bekerja dengan baik pada tablet ini.
7.Kamera
User interface dari kamera tablet ini cukup sederhana dan sangat mirip dengan kamera pada tablet Honeycomb lain. Lingkaran fitur-fitur ada di sebelah kanan, melambangkan ikon-ikon dari pengaturan-pengaturan yang tersedia. Pengaturan-pengaturan tersebut adalah: flash, white balance, efek warna, scene mode, lokasi, focus mode (infinite, makro, auto), exposure, resolusi dan anti-banding.
Hasil Kamera Indoor

Hasil Kamera Outdoor
Hasil Kamera tergolong mirip-mirip dengan ponsel-ponsel LG, warna-warni yang dihasilkan tidak terlalu cemerlang, cenderung pucat dan kadang terjadi over-brightness meskipun detail dan secara keseluruhan masih cukup bagus. Untuk memotret dalam mode makro agak sulit, tampaknya lensa seperti kesulitan mengambil objek dekat meskipun mode yang digunakan sudah mode makro.

Video Recorder
Optimus Pad dapat merekam sampai dengan resolusi Full HD 1080p. Fitur yang ada antara lain: flash, white balance, efek warna, resolusi, dan time lapse interval. Hasil rekaman video cukup bagus, lancar tidak ada lag, framerate bebas frameskip dan cukup bagus kualitasnya baik warna maupun detil yang dihasilkan. Bitrate yang dihasilkan 9320 kbps, sedangkan frameratenya 26fps dengan resolusi full HD 1920x1088 piksel.
Hasil Rekaman Video
3D Camcorder
Seperti LG Optimus 3D, Optimus Pad memiliki fitur 3D camcorder meskipun layarnya tidak 3D seperti Optimus 3D. Hasil perekaman video 3D dapat ditonton di tablet ini dengan menggunakan kacamata 3D yang sayangnya tidak disediakan di paket penjualan. Untuk fitur-fitur, ada 3D mode (mixed, anaglyph, single dan side by side), depth control, white balance, kualitas, dan perekaman audio. Lalu ada Help yang cukup membantu kita dalam mengerti dan memahami pemakaian camcorder 3D ini.
8.Gallery
Galeri Optimus Pad persis sama dengan Galeri pada Tablet Honeycomb standar. Foto dapat dibagikan ke Picasa, Gmail dan bluetooth, lalu dapat diputar-putar dan di crop. Pinch and zoom dapat digunakan, ada proses rendering saat melakukan zooming in. Galeri foto dapat dilihat by album, time, location dan tags. Anda juga dapat memilih apakah gambar atau video saja yang ditampilkan di galeri.




Pemutar Video
Pemutar video sangat sederhana dengan tampilan timeline dan pause saja. Bahkan tidak ada aplikasi pemutar video, anda hanya bisa melihat video melalui Gallery saja, kecuali jika anda menginstal video player pihak ketiga. File yang bisa diputar hanya .mp4 saja meskipun anda bisa memutar video sampai resolusi 1080p.
9.Music
Tampilan music player adalah tampilan standar music pada OS Honeycomb seperti pada Acer Iconia atau Motorola Xoom. Tampilan utama dengan album art yang cukup besar dan jelas. Kualitas suara yang dihasilkan speaker stereo tablet ini tergolong cukup baik namun kurang maksimal powernya, suara masih terdengar pelan meskipun volume sudah maksimal. Dan tidak terdapat pengaturan Equalizer pada music playernya.
10.Konektivitas
• GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
• HSDPA 900 / 2100
• Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot
• Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR
• Micro USB
• HDMI Output
11.Browser
Browser yang tertanam pada LG Optimus Pad ini adalah browser standar Honeycomb yang mendukung multitab sampai 16 halaman secara bersamaan. Browsernya bertipe HTML dan sudah mendapat dukungan Flash Player terbaru. Keunggulan Browser pada tablet ini seperti pada tablet lainnya yaitu dengan dukungan layarnya yang lebar sehingga lebih nyaman saat digunakan dalam berselancar di dunia maya. Scrolling dan zooming pada Browser tidak ada kendala sama sekali, semua berjalan dengan baik.
12.Benchmarking
Multitouch Tester : 10 Sentuhan
Quadrant Standard : 1852 point

Linpack : 28.71 MFLOPS / 2.92 seconds

13.Daya Tahan Baterai
LG Optimus Pad menggunakan baterai standar Li-Ion berkapasitas 6400mAh, sedikit lebih besar dibandingkan dengan GalaxyTab 8.9 yang hanya 6000mAh. Tablet ini kami perkirakan dapat bertahan lebih dari 30jam dengan posisi terkoneksi dengan WiFi saat review sedang berlangsung. Pengisian baterai memakan waktu 3,5-4jam untuk penuh dari posisi 0-5%.
14.Kesimpulan
Performa LG Optimus Pad cukup baik dan lancar, tidak terdapat lag atau kendala berarti. Kelengkapan aksesoris pada paket penjualan pun cukup lengkap kecuali minus kacamata 3D. Desainnya cukup bagus dan elegan namun bobotnya terasa sedikit lebih berat dibanding tablet lain sejenisnya. Kelebihan utama LG Optimus Pad ada pada kemampuannya merekam video 3D dengan kualitas HD 720p yang dapat dilihat menggunakan kacamata 3D dan video 2D dengan kualitas 1080p Full HD. Ketahanan baterainya pun lumayan baik. Sayangnya LG tidak membalut OS Honeycomb dengan UI buatan LG.
Kelebihan :
• Desain Elegan (tergantung selera)
• Performa cukup cepat berkat dukungan prosesor 1Ghz Dual-Core
• Rekaman Video 3D dengan kualitas HD 720p
• Speaker stereo ada 3 buah
• Paket penjualan cukup lengkap (bonus case kulit dan kabel HDMI)
Kekurangan :
• Bobotnya terasa berat
• Kualitas kamera kurang maksimal
• Suara dari speaker kurang bertenaga
• Tampilan Antar-muka standar Honeycomb

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top