Cari

Tips Merawat Ponsel Symbian



Menjaga kesehatan ternyata tidak hanya untuk manusia saja, ponsel ternyata juga memerlukan perawatan agar mereka tetap dalam kondisi baik. Termasuk ponsel yang bersistem operasi Symbian. Tentu saja ponsel ini akan lebih rentan terserang virus, seperti yang telah saya sampaikan dalam postingan beberapa waktu lalu, yaitu 15 virus berbahaya bagi Ponsel Symbian. Sebenarnya mungkin masih banyak virus lain yang akan menyerang ponsel OS Symbian ini, jadi agar ponsel Symbian Anda tidak mudah terserang virus-virus jahat, ikuti beberapa tips berikut ini:



Instal Aplikasi Yang Benar-benar Diperlukan
Banyak bahkan ribuan aplikasi Symbian yang tersedia dan siap diinstal, tapi apakah aplikasi tersebut akan Anda install semuanya? Pastinya tidak bukan, sebaiknya sebelum install anda perhatikan review dari aplikasinya, fungsinya, programnya bekerja dengan baik atau tidak dan yang pasti apakah Anda benar-benar memerlukan aplikasi tersebut atau tidak.

Gunakan virus Cleaner Daripada anti virus

Lebih baik Anda menginstal virus cleaner, seperti beselo forticleaner dibanding menginstal antivirus. Alasannya kenapa? Karena ukuran virus cleaner biasanya relative kecil dan tidak membuat kerja system berat. Kalau antivirus, biasanya akan memakan banyak RAM ponsel. Dan bila terlalu banyak menggunakan antivirus, itu jelas akan membuat ponsel Anda lemot.

Tutup Aplikasi Dengan Sempurna.
Terkadang bila sedang membuka aplikasi, kita sering menutup aplikasi tersebut dengan menekan tombol merah/tombol pemutus percakapan telepon. Memang cara itu cepat, karena aplikasi akan tertutup dan kembali ke homescreen. Tapi sebenarnya aplikasi masih berjalan di background ponsel dan akan memakan RAM ponsel anda, akibatnya tentu saja ponsel menjadi lambat dan bahkan hang. Jadi sebaiknya lakukan langkah yang benar untuk menutup aplikasi, yaitu melalui pilihan Exit atau keluar. Namun jika sudah terlanjur menekan tombol merah, tahan tombol menu, aplikasi yang belum tertutup tadi akan muncul, tekan C (close) untuk menutupnya. Langkah ini lebih efisien.

Simpan Data Ponsel di Kartu Memori

Sebagian dari masalah ponsel sepeti lemot dan hang adalah karena memori internal yang penuh. Sebagian besar ponsel Symbian rata-rata memiliki kartu memori, nah gunakanlah itu dengan sebaik-baiknya, karena itu juga akan membantu Anda terhindar dari masalah ponsel. Pindahkan semua file/data yang ada di C ke drive E, selain itu Anda juga bisa mengatur penerimaan pesannya melalui pengaturan pesan , terus pengaturan lain, terakhir pindahkan dari memory telepon ke kartu. Dengan begini semua file yang anda terima dari sms, bluetooth dan infra red akan tertampung di kartu memory.

Segera Charge Baterai Ponsel Saat sudah Lemah

Jika baterai sudah menunjukkan lemah, sebaiknya segera charge, selain untuk menjaga kesehatan baterai, hal ini juga sekaligus untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimum dari baterai. Dan jangan terlalu lama mencharge ponsel, karena bila terlalu lama bisa-bisa baterai melembung dan daya tahannya justru turun.

Update firmware secara teratur.
Sebaiknya lakukan update firmware secara teratur, meski tidak wajib, namun cara ini cukup efektif untuk menghilangkan semua masalah ponsel. Selain itu, kita akan mendapati kinerja ponsel seperti baru jika setelah upgrade firmwarenya.

Segera Matikan Bluetooth jika sudah tidak Diperlukan.
Virus biasanya lebih mudah menyebar melalui Bluetooth, maka sebaiknya jika Bluetooth sudah tidak diperlukan, segera matikan agar virus tidak bisa lagi masuk ke ponsel Anda. Dan jangan sembarang membuka pesan melalui Bluetooth, perhatikan dulu, bisa jadi itu adalah virus.

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top