Cari

Tips Merawat Software BlackBerry



Sebelumnya saya telah membahas tips bagaimana agar blackberry Anda tidak lemot, kali ini saya akan melanjutkan tips merawat software Blackberry Anda yang tujuannya agar BB anda tidak lemot juga.

Masalah ini lagi-lagi yang dibahas, sampai bosan bukan bila membicarakan loading lambat, alias lemot. Masalah ini juga yang terkadang dihadapi oleh pengguna Blackberry, loading yang mulai melambat atau muncul tanda "jam pasir" yang terus-menerus. Jika hal ini terjadi, tentu akan mengganggu aktifitas Anda dalam menggunakan ponsel kesayangan Anda itu bukan?



Sebenarnya hal itu bisa dihindari, asal penggunanya rajin membersihkan perangkat yang ada di dalam ponsel tersebut. Jangan dikira, software juga tidak butuh untuk dibersihkan. Karena sebenarnya, membersihkan software yang ada di dalam ponsel pintar ini, harus dilakukan minimal 3 hari sekali.

Berikut beberapa tips seperti dikutip dari okezone yang bisa pengguna BlackBerry lakukan agar ponsel cerdas Anda tidak akan mengalami masalah berarti dan 'sehat' selalu.

1. Memoryup Personal (Me-refresh Memory)

Me-refresh memori di BlackBerry bisa menggunakan aplikasi yang bernama Memoryup Personal. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di BlackBerry App World. Selain membersihkan, aplikasi ini juga memberikan berapa kapasitas memori yang sudah terpakai.

Cara untuk membersihkannya, setelah unduh silahkan masuk ke aplikasi tersebut, dan menekan ikon BlackBerry Anda. Pilih menu 'Quick Boost', biarkan Memoryup Personal yang akan bekerja, biasanya akan ada 7 tahapan 'pembersihan'.

2. Membersihkan Browser

Setelah kita melakukan browsing dengan menggunakan alat peramban di BlackBerry, perangkat ini secara otomatis akan menyimpan 'histori' dari situs yang telah kita buka. Secara tidak langsung, ini dapat membuat BlackBerry kita menjadi lambat.

Cara membersihkannya cukup mudah kok, saat Anda membuka salah satu situs di browser BlackBerry, tekan ikon BB Anda, lalu pilih 'Go To', lalu tekan tanda BB lagi, pilih 'Option', lalu 'Cache Operation', setelah itu tekan 'Clear history, lalu tekan 'Clear'. Histori situs di browser ini pun telah dihapus.

3. Cleaning memory

Fungsi dari Cleaning Memory ini hampir sama dengan Memoryup Personal, namun ini lebih spesifik. Caranya, pilih 'Option', lalu pilih 'Security Option', setelah itu akan muncul 'Memori Cleaning', ubah 'disable' menjadi 'enable', setelah diubah ke enable tekan BB, lalu pilih 'Clean Now', tunggu proses selanjutnya.

Setelah selesai, kembalikan ke posisi disable lalu save.

4. Me-Delete Aplikasi yang Di-Unistall

Aplikasi yang tidak digunakan lagi memang dengan mudah dengan cara delete saja. Namun, hal tersebut tidak membuat aplikasi yang di-delete akan sepenuhnya terhapus. Ini akan sangat mengganggu jika update dari aplikasi tersebut akan muncul, dan tidak sesuai dengan OS yang digunakan. Satu-satunya jalan adalah dengan cara menghapus permanen.

Caranya adalah, masuk ke BB App world, masuk ke My World yang ada di kanan bawah. Setelah masuk, lalu tekan ALT dengan R, S, T secara bersamaan.

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top