Cara Mengembalikan Data/File Yang Terhapus

Terkadang kita mungkin tidak menyadari bahwa kita sudah menghapus file dari computer kita. Atau kalau tidak bukan kita yang melakukannya, tapi mungkin anak Anda yang main-main computer dan tidak sengaja menghapus gambar-gambar yang ada di USB flash drive. Betapa paniknya kita bila hal itu terjadi, apalagi data-data tersebut adalah data-data yang sangat penting bagi Anda. Tetapi tenang saja, hal seperti itu bisa diatasi.

Mengembalikan data yang terhapus atau rusak merupakan pekerjaan yang mudah di bidang forensic computer

. Asalkan, hardisk masih dalam kondisi baik. Jangankan hanya file, data yang telah diformat sekalipun masih bisa dikembalikan lagi.

Dengan kemajuan teknologi software dan makin terbukanya kebebasan berbagi pengalaman melalui internet, pekerjaan mengembalikan file yag telah dihapus adalah hal yang mudah. Asal memiliki software pemulihan data, seorang anak sekolah dasar pun dapat melakukannya hanya dengan beberapa klik saja, data yang terhapus akan kembali lagi.

Pada sistem operasi Windows, file yang dihapus atau terhapus, sebenarnya tidak langsung hilang. Windows menyediakan fasilitas Recycle Bin untuk menampung file-file yang dihapus, dan bisa memulihkan (restore file yang dihapus). Pasti Anda semua sudah tahu, dengan hal ini. Jika ada yang belum tahu, dengan membaca ini berarti Anda sudah tahu kan sekarang?

Namun, bagaimana jika file yang di recycle bin sudah dihapus permanent? Tenang, masih bisa juga dikembalikan. Pekerjaan memulihkan file yang rusak atau terhapus merupakan hal yang mengasyikan dan bisa dibilang mudah.

Mengasyikkan karena dengan proses itu kita berharap-harap cemas untuk mendapatkan banyak file berarti. Dikatakan mudah karena sekarang ini sudah tersedia banyak tools, terutama software yang mudah didapatkan, baik gratis maupun berbayar.

Banyak yang tidak tahu bagaimana memulihkan file yang telah dihapus dari recycle bin karena Windows sendiri memberi tahu kalau sudah dihapus dari recycle bin berarti sudah dihapus permanen. Sebenarnya, ketika file dihapus dari recycle bin, Windows hanya memberi tahu kalau ruang disk yang dipakai file tadi bisa digunakan kembali. Jika ruangan kosong itu ditimpa file baru, kemungkinan memulihkan file memang lebih berat, tapi tetap masih bisa diatasi oleh software berbayar.

Berikut ini adalah beberapa Software yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan file Anda yang terhapus atau rusak, baik software yang gratis maupun berbayar.

Top 10 Sofware Gratis Recovery Data:
1.Recuva, downloadnya di http://www.piriform.com/recuva/download
2.PC INSPECTOR File Recovery, downloadnya di http://download.pcinspector.de
3.Panda Recovery, downloadnya di http://www.pandorarecovery.com
4.TOKIWA DataRecovery downloadnya di http://tokiwa.qee.jp
5.SoftPerfect File Recovery downloadnya di http://www.softperfect.com/product/filerecovery/
6.Undelete Plus downloadnya di http://undeletplus.com
7.FreeUndelete downloadnya di http://www.officerecovery.com
8.ADRC Data Recovery Software Tools downloadnya di http://www.adrc.com
9.Glary Undelete downloadnya di http://download.glarysoft.com
10.Avira UnErase Personal downloadnya di http://dl5.avgate.net

Top 10 Sofware Gratis Recovery Data:


1.Digital Rescue Premium
2.Advance Disk Recovery
3.Recover My Files
4.Data Recovery Wizard
5.Total Recall
6.Handy recovery
7.R. Studio
8.Quick Recovery
9.GetDataBack

Untuk melihat review lengkapnya silahkan kunjungi http://data-recovery-sofware-review.toptenreview.com/

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top