Cari

Tips Menjaga Password


Password memang tidak bisa lepas dari aktivitas kita di dunia internet, ketika kita ingin memiliki sebuah akun di suatu situs kita pasti membutuhkan password. Misalnya bikin email di Yahoo dan Google, buat akun facebook, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutin satu-satu.

Password merupakan kode-kode rahasia yang harus kita jaga keamanannya. Jangan sampai password kita bocor ke tangan orang lain, bahaya dan hal negative bisa terjadi pada Anda. Demi keamanan password Anda, simak tips menjaga password berikut

yang saya kutip dari detiknet.

1. Tidak Menggunakan Default Password

Default password adalah password yang kita dapat pertama kali. Password default standart ini sebaiknya memang harus segera diganti karena sangat rentan. Pasalnya, default password dapat dicari dengan mudah di google search, bahkan nama mesin, type dan default password terpampang jelas di beberapa situs vendor pembuatnya.

2.Tidak Memakai Password Hint
Terkadang kita takut lupa dengan password yang sudah kita entry ke dalam sistem/account, sehingga kita berpikir perlu membuat sebuah pengingat. Nah, penginat inilah yang kta sebut password Hint. Bila kita membuat pertanyaan dengan password Hint, maka dengan cepat kita dapat mengingat password yang kita lupa.

Hacker juga melakukan hal yang sama, mereka akan menebak-nebak password kita dengan berbagai pertanyaan di password hint, nah bila mereka berhasil menjawab pertanyaan yang tertera dalam password Hint, maka jangankaget jika mereka berhasil menebak password Anda.

3.Tidak Menuliskan Password

Karena saking takutnya lupa akan passwordnya, pemilik password sering menuliskan berbagai user id dan passwordnya ke dalam media lain seperti notebook, notepad, stickies (mac), password folder, buku, handphone dan lainnya. Hal seperti ini juga rentan bocor, karena jika berbagai peralatan tersebut hilang, maka semua informasi tentang user id dan password tersebut cepat atau lambat akan diketahui oleh si pencuri peralatan/gadget yang hilang.

4.Menggunakan Password yang Kuat

Mungkin karena juga takut lupa atau memabg tidak suka menggunakan password yang panjang, sering sekali user menggunakan password yang pendek. Mungkin bila bisa lebih pendek dari 3 karakter, user aka memberikan password yang pendek. Namun untungnya system memberikan ketentuan bahwa panjang minimal karakter adalah 6 karakter dan maksimal 254 karakter.

Oleh karena itu, usahakan memiliki password yang lebih dari 6 karakter dan dibuat dengan kombinasi angka dan huruf, atau sekarang ini ada bebrapa admin yang menggunakan password yang cukup panjang, dan msih ditambah dengan enkripsi seperti PGP key dan lainnya. Membuat password dengan cara sepereti ini, akan lebih aman, karena para hacker akan sulit menebak password tersebut

5.Sering Mengubah Password

Sebaiknya Anda secara rutin mengganti password untuk autentikasi tersebut, karena apa? Semakin sering password dirubah/diganti, maka si penebak password akan semakin sulit untuk menjebol akun kita. Perubahan terhadap password tergantung si pemilik, bisa seminggu, sebulan, tiga bulan sekali dan lainnya. Asal jangan lupa dengan password baru Anda, karena bisa-bisaAnda tidak bisa mengakses akun Anda lagi.

6.Tidak Memakai Password Sama pada Beberapa Account

Pemilik password kadang sering lupa dan sering membuat account yang cukup banyak, sehingga mereka setiap membuat account baru menggunakan user id yang sama dan password yang sama, ini sangat rentan dan bahaya. Karena satu account tembus password ini, maka semua account akan dapat diambil oleh hacker tersebut.

7. Menggunakan Manajemen Password
Untuk membantu mengingatkan kembali berbagai password dan berbagai account, seringkali kita sangat kesulitan, tapi tidak perlu khawatir karena sudah banyak saat ini aplikasi untuk membantu menata password kita. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dari internet maupun berbayar, sehingga berapapun account kita dan berapapun password kita dapat dengan mudah untuk diingat dan dibuka kembali, tentu saja untuk membukanya dengan metode enkripsi juga.

Artikel Terkait

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top